DPP dan Disbudpar Berharap Pengelola Kembalikan Fu

Untuk Lokasi Parkir Bukan Berjualan 

Ingot Hutasuhut

PEKANBARU - (KIBLATRIAU. COM) --  Hujan yang menguyur Kota Pekanbaru membuat air tergenang di sejumlah tempat. 

Seperti peristiwa banjir yang terjadi pada, Ahad (30/7), telah menggenangi lantai dasar Pasar Bawah. 

Genangan air tersebut mencapai pinggang orang dewasa, sehingga barang-barang dagang yang ditinggal oleh pedagang di dalam kios mereka pun basah terendam air.

Melihat hal tersebut, Ardiansyah selaku Kepala Disbudpar Pekanbaru, meminta dan berharap agar pengelola Pasar Bawah untuk mengembalikan fungsi sebenarnya dari basement Pasar Bawah tersebut.

"Kami berharap dan meminta pihak ketiga (pengelola) untuk mengembalikan fungsinya. Di bagian atas kan masih ada los yang belum diisi. Biar lebih rapi lagi lah dan kejadian (banjir) ini tidak terulang kembali. Apalagi kan yang namanya Pasar Wisata haruslah nyaman bagi wisatawan,"  harap Ardiansyah.

Namun begitu, Ardiyansyah mengatakan instansinya tidak bisa mememaksa pengelola Pasar Bawah.

"Kami sifatnya hanya mengimbau dan tupoksinya ada di dinas lain. Tap kami sebelumnya sudah melakukan koordinasi dengan dinas terkait agar hal ini terus terulang," sebut Ardiansyah. 

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Perindutrian dan Perdagangan (DPP) Kota Pekanbaru. Pihak pengelola diperingatkan untuk mengembalikan fungsi awal basement Pasar Bawah tersebut. 

Ingot mengklaim, instansinya telah membahas permasalahan banjir di Pasar Bawah dengan pihak pengelola beberapa waktu lalu.

"Kami dari DPP sudah membahas hal ini dengan pengelolanya, salah satunya mengenai pengembalian fungsi awal basement Pasar Bawah Sudah sangat jelas itu peruntukkannya untuk lokasi parkir bukan berjualan," ungkap Ingot.

Ingot menambahkan, selain itu instansinya juga telah mengingatkan pengelola Pasar Bawah terkait permasalahan masalah sanitasi.

"Sudah berulang kali kami mengingatkan pengelola. Terutama untuk segera memperbaiki sanitasinya," tuturnya.

Untuk itu, Ingot meminta secara tegas meminta pengelola Pasar Bawah untuk berkomitmen menyelesaikan permasalahan tersebut. 

Namun sayangnya Ingot tidak menjelaskan lebih lanjut tindakan tegas apa yang akan diambil pihaknya, selain meminta komitmen pengelola.

"Tidak hanya pedagang, Pemko juga dirugikan akibatnya. Pasar Bawah kan sudah jadi ikon wisata di Kota Pekanbaru.

 Kami minta komitmen pengelola cepat menyelesaikan permasalahan ini sesuai dengan kesepakatan sebelumnya," tutup Ingot.  (LX)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar